Sabtu, 24 November 2012


1.Latar Belakang
1.1 Sejarah Berdirinya Usaha
Pemasaran atau marketing memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan.  Menurut Nitisemito (1999),antara kegiatan marketing dengan kegiatan-kegiatan yang lain dalam perusahaan misalnya kegiatan finance,kegiatan produksi serta kegiatan-kegiatan lainnya saling kait-mengait. Oleh karena itu, setiap kegiatan dalam bidang marketing tidak dapat dilakukan begitu saja lepas dari kegiatan-kegiatan yang lain, sebaliknya kegiatan dalam bidang yang lain tanpa mengkaitkan kegiatan marketing akan mengalami kesulitan pula. Menurut Setiowati (2007),peran fungsi pemasaran adalah mencapai sasaran perusahaan dengan menghasilkan penjualan produk atau jasa yang menguntungkan di pasar sasaran.
Data yang diperoleh berkaitan dengan sejarah berdirinya usaha dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif merupakan suatu metode yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum, sistematis, aktual dan terbaru mengenai data-data sejarah berdirinya usaha tersebut.
Selain strategi pemasaran, yang tidak kalah pentingnya dalam mencari peluang dalam kegiatan pemasaran adalah meneliti kembali bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah kombinasi unik dari produk atau jasa, harga, promosi, dan strategi distribusi yang dirancang untuk menjangkau pasar sasaran tertentu (Macdaniel dan Gates, 2001). Menurut Setiowati (2007), bauran pemasaran produk barang mencakup 4P : product, price, place dan promotion.Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar (Majid,2008)
1.2 Maksud dan Tujuan
   1.2.1 Maksud
            Maksud dari praktek kerja lapang (PKL) ini adalah untuk memperoleh gambaran yang sistematis dan mengetahui secara langsung pelaksanaan pemasaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei) UD “Dwi Devi Lancar” Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.


1.2.2 Tujuan
Tujuan dari praktek kerja lapang (PKL) ini adalah untuk mengetahui beberapa hal sebagai berikut :
a.    Sejarah berdirinya usaha
b.    Aspek pemasaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei) yang meliputi bauran pemasaran, margin pemasaran, saluran pemasaran, dan strategi pemasaran yang dilakukan dalam pemasaran udang vannamei
c.    Aspek finansiil usaha diantaranya modal yang digunakan, biaya yang dikeluarkan, penerimaan, keuntungan yang diperoleh, dan rentabilitas
d.    Aspek manajemen
e.    Faktor pendukung dan penghambat usaha pemasaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei)
1.3  Kegunaan
Kegunaan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk memperluas wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai pemasaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei). Sehingga pada akhirnya mahasiswa dapat memahami permasalahan yang dihadapi  dilapang dan mencari alternatif pemecahan dari permasalahan tersebut secara tepat dengan cara memadukan antara teori yang diperoleh diperkuliahan dengan keadaan yang sebenarnya terjadi dilapang.
1.4  Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Praktek Kerja Lapang mengenai pemasaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei) ini dilaksanakan di UD “Dwi Devi Lancar” Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur dimulai dari tanggal 8 Juli 2012 sampai dengan 28 Juli 2012






2.    METODE PRAKTEK KERJA LAPANG
2.1 Aspek Manajemen
              Manajemen merupakan sebuah proses yang terdiri dari tindakan-tindakan yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber lainnya.
   2.1.1  Perencanaan (Planning)
              Perencanaan adalah proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan. Kegiatan dalam fungsi perencanaan adalah menetapkan tujuan dan target bisnis,merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut,menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan dan menetapkan standar  atau indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis (Narbuko,C dan Achmadi.1997)
              Perencanaan jangka panjang yang dilakukan UD. Dwi Devi Lancar adalah memperluas lahan usahanya agar output atau hasil panen dapat berkembang dengan pesat.Sedangkan, perencanaan jangka pendek yang dilakukan oleh UD. Dwi Devi Lancar adalah melengkapi infrastruktur usaha yang digunakan sebagai penunjang usaha sebab apabila infrastruktur yang digunakan sangat terbatas,maka usaha tersebut sulit untuk dikembangkan dalam mencapai tujuan dan target bisnis.
    2.1.2 Pengorganisasian (Organizing)
              Pengorganisasian merupakan tahapan lanjutan setelah perencanaan agar implementasi dari perencanaan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Pengorganisasian meliputi pemberian tugas, bagian-bagian, pendelegasian wewenang dan mengkoordinir pekerjaan (Narbuko,C dan Achmadi.1997)
              UD. Dwi Devi Lancar merupakan usaha yang dibangun oleh Ir. Syamsudi dengan menggunakan modal sendiri. Adapun sistem rekrutmen yang digunakan dalam UD.Dwi Devi Lancar adalah dengan sistem kekeluargaan. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya perbedaan perlakuan antara tenaga kerja yang telah lama bekerja dengan tenaga kerja yang baru bekerja.Perbedaan tersebut terletak pada pemberian gaji dan fasilitas pada masing-masing tenaga kerja. Sedangkan, pembagian dan penempatan posisi ditentukan melalui pengalaman kerja dan tingkat pendidikan tenaga kerja itu sendiri.
   2.1.3 Penggerakan (Actuating)
              Penggerakan adalah proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi. Dalam penggerakan adalah pimpinan membimbing dan memberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan. Untuk memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan serta menjelaskan kebijakan yang ditetapkan (Narbuko,C dan Achmadi.1997)
              Pada UD. Dwi Devi Lancar penggerakan tercermin dari sikap pimpinan yang baik kepada pegawainya, tidak berkata kasar atau membentak, dan memberi tahu dengan sopan apabila ada pekerjaan yang tidak dilakukan dengan baik. Sehingga terjalin hubungan yang baik antar pimpinan dengan bawahannya. Tindakan yang diberikan UD. Dwi Devi Lancar untuk merangsang produktivitas para pegawainya dalam bekerja adalah adanya pemberian bonus kepada para pegawai berupa uang dan liburan keluarga. Selain itu, apabila para pegawainya berhasil memberikan panen kepada UD. Dwi Devi Lancar, maka para pegawainya tersebut akan diberikan pembagian hasil panen 10% dari total hasil panen yang didapat.
   2.1.4 Pengawasan (Controlling)
              Pengawasan adalah proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis. Kegiatan dalam pengawasan mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan, mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan, dan melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan (Narbuko,C dan Achmadi.1997)
            UD. Dwi Devi Lancar menerapkan sistem pengawasan secara langsung yang diawasi oleh Ir. Syamsudi selaku pemilik usaha tersebut. Sistem pengawasan yang dilakukan tersebut diterapkan dalam kegiatan pemasaran agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Selain itu, pengawasan dapat berpengaruh positif terhadap terciptanya hubungan atau komunikasi yang baik antara Ir. Syamsudi selaku pemilik dengan para pegawainya.
                                                            DAFTAR PUSTAKA
Majid,A.2008.Pengertian,Konsep,DefinisiPemasaran  
                       http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi   
                       pemasaran. Diakses tanggal 11 Maret 2012
Mcdaniel, Carl dan R., gates . 2001. Riset Pemasaran Kontemporer. Salemba Empat
                       :Jakarta

Narbuko,C dan Achmadi.1997. Metodologi Penelitian. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Nitisemito dan S.Pinando Maryunani.1999.Buku Ajar Kewirausahaan Lembaga Pengkajian     
      Pengembangan Pendidikan.Universitas Brawijaya.Malang

Setiowati. 2007 . Manajemen Pemasaran. http://vmardiw.files.wordpress.com. Diakses tanggal 8 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar