1.Latar Belakang
1.1 Sejarah Berdirinya Usaha
Pemasaran
atau marketing memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan. Menurut Nitisemito (1999),antara kegiatan
marketing dengan kegiatan-kegiatan yang lain dalam perusahaan misalnya kegiatan
finance,kegiatan produksi serta kegiatan-kegiatan lainnya saling kait-mengait.
Oleh karena itu, setiap kegiatan dalam bidang marketing tidak dapat dilakukan
begitu saja lepas dari kegiatan-kegiatan yang lain, sebaliknya kegiatan dalam
bidang yang lain tanpa mengkaitkan kegiatan marketing akan mengalami kesulitan
pula. Menurut Setiowati (2007),peran fungsi pemasaran adalah mencapai sasaran
perusahaan dengan menghasilkan penjualan produk atau jasa yang menguntungkan di
pasar sasaran.
Data yang diperoleh berkaitan dengan
sejarah berdirinya usaha dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif.
Deskriptif kualitatif merupakan suatu metode yang bertujuan untuk memberikan
gambaran secara umum, sistematis, aktual dan terbaru mengenai data-data sejarah
berdirinya usaha tersebut.
Selain
strategi pemasaran, yang tidak kalah pentingnya dalam mencari peluang dalam
kegiatan pemasaran adalah meneliti kembali bauran pemasaran. Bauran pemasaran
adalah kombinasi unik dari produk atau jasa, harga, promosi, dan strategi
distribusi yang dirancang untuk menjangkau pasar sasaran tertentu (Macdaniel
dan Gates, 2001). Menurut Setiowati (2007), bauran pemasaran produk barang
mencakup 4P : product, price, place dan promotion.Konsep-konsep inti pemasaran meluputi:
kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan;
pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar (Majid,2008)
1.2
Maksud dan Tujuan
1.2.1 Maksud
Maksud
dari praktek kerja lapang (PKL) ini adalah untuk memperoleh gambaran yang
sistematis dan mengetahui secara langsung pelaksanaan pemasaran udang vannamei
(Litopenaeus vannamei) UD “Dwi Devi Lancar” Desa
Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.
1.2.2
Tujuan
Tujuan dari praktek kerja lapang (PKL)
ini adalah untuk mengetahui beberapa hal sebagai berikut :
a.
Sejarah
berdirinya usaha
b.
Aspek
pemasaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei) yang
meliputi bauran pemasaran, margin pemasaran, saluran pemasaran, dan strategi pemasaran yang dilakukan dalam pemasaran udang vannamei
c.
Aspek finansiil usaha diantaranya
modal yang digunakan, biaya yang dikeluarkan, penerimaan, keuntungan yang
diperoleh, dan rentabilitas
e.
Faktor pendukung dan penghambat usaha pemasaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei)
1.3 Kegunaan
Kegunaan dari Praktek Kerja
Lapang ini adalah untuk memperluas wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai
pemasaran udang vannamei (Litopenaeus
vannamei). Sehingga pada akhirnya
mahasiswa dapat memahami permasalahan yang dihadapi dilapang dan mencari alternatif pemecahan
dari permasalahan tersebut secara tepat dengan cara memadukan antara teori yang
diperoleh diperkuliahan dengan keadaan yang sebenarnya terjadi dilapang.
1.4
Tempat
dan Waktu Pelaksanaan
Praktek Kerja Lapang mengenai
pemasaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei)
ini dilaksanakan di UD “Dwi Devi Lancar” Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten
Tuban, Jawa Timur dimulai dari tanggal 8 Juli 2012 sampai dengan 28 Juli 2012
2. METODE
PRAKTEK KERJA LAPANG
2.1 Aspek Manajemen
Manajemen
merupakan sebuah proses yang terdiri dari tindakan-tindakan yaitu perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan
serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber
daya manusia dan sumber lainnya.
2.1.1
Perencanaan (Planning)
Perencanaan
adalah proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi
kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat
untuk mewujudkan target dan tujuan. Kegiatan dalam fungsi perencanaan adalah
menetapkan tujuan dan target bisnis,merumuskan strategi untuk mencapai tujuan
dan target bisnis tersebut,menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan dan
menetapkan standar atau indikator
keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis (Narbuko,C dan
Achmadi.1997)
Perencanaan jangka panjang yang
dilakukan UD. Dwi Devi Lancar adalah memperluas lahan usahanya agar output atau
hasil panen dapat berkembang dengan pesat.Sedangkan, perencanaan jangka pendek
yang dilakukan oleh UD. Dwi Devi Lancar adalah melengkapi infrastruktur usaha
yang digunakan sebagai penunjang usaha sebab apabila infrastruktur yang
digunakan sangat terbatas,maka usaha tersebut sulit untuk dikembangkan dalam
mencapai tujuan dan target bisnis.
2.1.2 Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian merupakan tahapan
lanjutan setelah perencanaan agar implementasi dari perencanaan dapat berjalan
dengan efektif dan efisien. Pengorganisasian meliputi pemberian tugas,
bagian-bagian, pendelegasian wewenang dan mengkoordinir pekerjaan (Narbuko,C
dan Achmadi.1997)
UD. Dwi Devi Lancar merupakan
usaha yang dibangun oleh Ir. Syamsudi dengan menggunakan modal sendiri. Adapun
sistem rekrutmen yang digunakan dalam UD.Dwi Devi Lancar adalah dengan sistem
kekeluargaan. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya perbedaan perlakuan
antara tenaga kerja yang telah lama bekerja dengan tenaga kerja yang baru
bekerja.Perbedaan tersebut terletak pada pemberian gaji dan fasilitas pada
masing-masing tenaga kerja. Sedangkan, pembagian dan penempatan posisi
ditentukan melalui pengalaman kerja dan tingkat pendidikan tenaga kerja itu
sendiri.
2.1.3 Penggerakan (Actuating)
Penggerakan adalah proses
implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak serta proses
memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan
penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi. Dalam penggerakan adalah
pimpinan membimbing dan memberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat
bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan. Untuk memberikan
tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan serta menjelaskan kebijakan yang
ditetapkan (Narbuko,C dan Achmadi.1997)
Pada UD. Dwi Devi Lancar penggerakan
tercermin dari sikap pimpinan yang baik kepada pegawainya, tidak berkata kasar
atau membentak, dan memberi tahu dengan sopan apabila ada pekerjaan yang tidak
dilakukan dengan baik. Sehingga terjalin hubungan yang baik antar pimpinan
dengan bawahannya. Tindakan yang diberikan UD. Dwi Devi Lancar untuk merangsang
produktivitas para pegawainya dalam bekerja adalah adanya pemberian bonus
kepada para pegawai berupa uang dan liburan keluarga. Selain itu, apabila para
pegawainya berhasil memberikan panen kepada UD. Dwi Devi Lancar, maka para
pegawainya tersebut akan diberikan pembagian hasil panen 10% dari total hasil
panen yang didapat.
2.1.4 Pengawasan (Controlling)
Pengawasan adalah proses yang
dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan,
diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang
diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis.
Kegiatan dalam pengawasan mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan
target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan, mengambil langkah
klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan, dan melakukan
berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian
tujuan (Narbuko,C dan Achmadi.1997)
UD. Dwi Devi Lancar menerapkan
sistem pengawasan secara langsung yang diawasi oleh Ir. Syamsudi selaku pemilik
usaha tersebut. Sistem pengawasan yang dilakukan tersebut diterapkan dalam
kegiatan pemasaran agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Selain itu,
pengawasan dapat berpengaruh positif terhadap terciptanya hubungan atau
komunikasi yang baik antara Ir. Syamsudi selaku pemilik dengan para pegawainya.
DAFTAR PUSTAKA
Majid,A.2008.Pengertian,Konsep,DefinisiPemasaran
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi
pemasaran.
Diakses tanggal 11 Maret 2012
Mcdaniel, Carl dan R.,
gates . 2001. Riset Pemasaran Kontemporer. Salemba Empat :Jakarta
Narbuko,C dan Achmadi.1997. Metodologi
Penelitian. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Nitisemito dan S.Pinando
Maryunani.1999.Buku Ajar Kewirausahaan Lembaga Pengkajian
Pengembangan Pendidikan.Universitas Brawijaya.Malang
Pengembangan Pendidikan.Universitas Brawijaya.Malang
Setiowati. 2007 . Manajemen
Pemasaran. http://vmardiw.files.wordpress.com.
Diakses tanggal 8 Desember 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar